Kompolnas Tekankan Pentingnya Command Center Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Polresta Jayapura

Jayapura, Papua – Komisi Kepolisian Nasional melakukan kunjungan kerja ke Polresta Jayapura pada hari Jumat, 5 April 2024. Kunjungan ini dipimpin oleh Poengky Indarti, S.H., L.LM, selaku Komisioner Kompolnas bersama Kassubag Humas dan Protokol Mardonna Lamtio, S.Pd., M.M., Staf Set Kompolnas, Flamanda Tampomuri, M.M., dan Yousi Anggi Saragih, S.Sos. Kunjungan ini diterima baik oleh Kapolresta Jayapura Kombes Pol. Victor D. Mackbon, S.H., S.I.K., M.H., M.Si.

Kapolresta Jayapura dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Command Center Polresta Jayapura belum berjalan sebagaimana mestinya. Dari 68 titik CCTV yang direncanakan, baru beberapa yang terpasang. Hal ini menyebabkan petugas masih harus menggunakan CCTV milik masyarakat untuk memantau situasi keamanan.

Lebih lanjut, Kapolresta Jayapura juga mengungkapkan bahwa angka kecelakaan di wilayahnya cukup tinggi, dan salah satu penyebab utama adalah minuman keras (Miras).

Meskipun demikian, Polresta Jayapura mendapat penghargaan zona hijau dari Ombudsman RI atas pelayanan publiknya. Namun, Polresta Jayapura belum mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Poengky Indarti, Komisioner Kompolnas, dalam sambutannya menekankan pentingnya Command Center dan CCTV dalam meningkatkan pelayanan publik. Ia juga mengajak masyarakat untuk membantu polisi menjaga keamanan dengan mengaktifkan kembali sistem ronda malam di lingkungan tempat tinggal.

Poengky Indarti juga mengapresiasi kelancaran dan kondusifitas pelaksanaan Pemilu Pilpres dan Pileg 2024 di wilayah Polresta Jayapura. Ia berharap agar Operasi Mantap Praja untuk pengamanan Pilkada mendatang dapat dipersiapkan dengan baik.

Selain itu, Poengky Indarti juga menyampaikan tentang Kompolnas Awards dan Hoegeng Awards yang diberikan kepada Satker dan Satwil serta individu berprestasi di lingkungan Polri. Ia mendorong Polresta Jayapura untuk menominasikan Polres dan Polsek terbaiknya untuk penghargaan tersebut.

Poengky Indarti juga mengapresiasi inovasi dan pelayanan “one service” di “Mall” yang memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai keperluan. Ia juga merasakan aura kekeluargaan yang kuat di Polresta Jayapura dan berharap agar hal tersebut dapat terus dijaga.

Terkait penggunaan gas air mata dan senjata api, Poengky Indarti mengingatkan agar dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan aturan, terlebih di wilayah Papua yang menjadi perhatian internasional.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kompolnas juga meninjau beberapa fasilitas di Polresta Jayapura, seperti SPKT, tempat pelayanan SIM, SKCK, unit PPA, dan ruang tahanan. (Nan).

Tim Humas Kompolnas.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *