Tinjau Langsung Posko OMB Salawaku, Maluku, Kompolnas Ingatkan Polri Untuk Netral Selama Pemilu

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meninjau langsung Posko Operasi Mantab Brata (OMB) Salawaku, di gedung Command Center, Mapolda Maluku, Ambon, Rabu (25/10/2023).

Tim Kompolnas dipimpin oleh Anggota Kompolnas Albertus Wahyurudhanto dan Mohammad Dawam serta didampingi oleh Kepala Sekretariat Musa Tampubolon dan juga Joko Purwanto serta Mardonna Lamtio.

Kunjungan tim Kompolnas tersebut disambut oleh Irwasda Maluku Kombes Pol. Marthin Luther Hutagaol, Karo Ops Kombes Pol. Asep Saepudin dan Direktur Intelkam Polda Maluku Kombes Pol. I Gede Arsana.

Dalam kunjungan tersebut, Karo Ops dan Direktur Intelkam Polda Maluku memaparkan terkait kondisi Kamtibnas serta kejadian-kejadian kasus menonjol sepanjang tahun 2023.

Mereka juga menyampaikan terkait pola pengamanan, dan juga sinergitas antara Polri, TNI, dan Pemerintah Daerah Maluku. Serta penyelenggaraan maupun pengawas Pemilu yaitu KPU dan Bawaslu.

Anggota Kompolnas Albertus Wahyurudhanto menyampaikan, bahwa Polri harus bersifat netral selama terselenggaranya Pemilu 2024. Wahyu menjelaskan hal tersebut telah diatur dalam Undang-Undang 72 dalam 306 ayat 2 yang menyebutkan bahwa Polri dilarang melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan dalam kampanye.

“Dalam arti Polri harus netral, sedangkan dalam pasal 35 ayat 5 menyebutkan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden selama pelaksanaan kampanye boleh diberikan fasilitas kesehatan dan pengawalan oleh Polri,” jelas Wahyu.

Selanjutnya, dalam hal pendistribusian dan pengamanan kotak suara dan peratan lainnya, KPU dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah, TNI dan Polri. KPU juga harus bekerja sama dengan Polri dalam mengamankan surat suara dari proses pencetakan hingga pendistribusiannya ke TPS.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *